Senin, 08 Oktober 2012

5 Cara Membangun Hubungan yang Sehat

Share on :

5 Cara Membangun Hubungan yang Sehat
Membangun hubungan yang sehat dapat dimulai dari diri sendiri, kemudian berlanjut ke arah diskusi bersama pasangan, sehingga kedua pihak memahami apa yang harus dilakukan untuk membangun hubungan yang sehat.

KONFLIK memang selalu terjadi dalam suatu hubungan, namun bukan tidak mungkin Anda dapat mengelola konflik dengan baik sehingga hubungan bersama pasangan tetap terjalin dengan harmonis.

Membangun hubungan yang sehat dapat dimulai dari diri sendiri, kemudian berlanjut ke arah diskusi bersama pasangan, sehingga kedua pihak memahami apa yang harus dilakukan untuk membangun hubungan yang sehat.

1. Introspeksi diriSebelum menyalahkan pasangan akan segala kekurangannya, cobalah tengok dari dalam diri. Sudahkah Anda menjadi pasangan yang baik bagi si dia? Sudahkah Anda memenuhi kebutuhannya akan kasih sayang? Sudahkah Anda menahan ego dan emosi untuk meminimalisir timbulnya konflik? Jika belum, kini saatnya bagi Anda untuk menata diri.

2. Sadari peran pasangan“It takes two to Tango”, demikian bunyi pepatah lama. Diperlukan usaha dari kedua belah pihak untuk membangun sebuah hubungan yang ideal. Namun usaha yang maksimal dari pasangan akan sia-sia jika Anda kerap merasa sebagai pihak yang paling banyak memegang andil dalam hubungan. Jika selama ini yang Anda pedulikan hanyalah “aku, aku, aku”, Anda tidak akan menyadari peran pasangan dalam mengintimkan hubungan, sebesar apapun usahanya.

3. KompromiMenyatukan dua kepala sungguh bukan hal yang mudah. Kompromi menjadi hal yang penting dalam menggabungkan dua opini berbeda dari Anda dan pasangan. Biasakan untuk selalu berdiskusi sebelum mengambil keputusan, terlebih untuk hal-hal vital, seperti masalah finansial atau pendidikan anak.

4. Hormati privasiAnda memang sudah resmi menjadi pasangan sehidup-semati, namun bukan berarti Anda berhak mengekang si dia. Selalu sediakan waktu bagi pasangan untuk menjalani hobinya atau melakukan aktivitas yang disukainya tanpa Anda. Membiarkannya pergi nonton sepak bola bareng teman-temannya memang hal sederhana, namun mampu membuatnya bahagia. Daripada harus mati gaya saat menemani Anda di salon, kan?

5. Nobody’s perfectAnda mungkin telah benar-benar jatuh cinta, tapi ada saja sifat pasangan yang tidak Anda sukai. Mengubah kepribadian seseorang bukanlah hal yang mudah, sehingga Anda perlu kesabaran dan keikhlasan untuk menerima pasangan apa adanya.

dari Berbagai Sumber

Ditulis Oleh : Unknown // 17.39
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar